Selasa, 11 Desember 2012

Chrome Error on XP : The application failed to initialize properly (0xc0000005)

Baca Juga



Singkat cerita, ketika OS berhasil saya install. Software pertama yang saya install adalah Google Chrome. Saya buka Internet Explorer kemudian buka google.com, dan mengikuti langkah-langkah instalasinya saat mendownload Chrome.

Setelah Chrome berhasil terinstall, akan terbuka halaman baru Google Chrome. Namun ternyata hal ini diikuti pesan error “The application failed to initialize properly (0xc0000005)”


Owccchhh…

Dengan Internet Explorer saya berusaha mencari cara agar hal ini bisa diatasi. Ternyata hal ini dialami pula oleh banyak pengguna Windows XP yang lain. Kebanyakan mereka merekomendasikan cara dengan

1. Mengubah properti Google Chrome,

yaitu dengan memberikan opsi tambahan “no-sandbox” Caranya dengan membuka shotcut icon pada Desktop. Memilih klik kanan >> properties. Kemudian menambahkan tulisan “–no-sandbox” di ujung target file.


Cara ini memang berhasil. Tapi saya sedikit khawatir, sebab ada pesan dari Google bahwa dengan setting-an ini akan mengganggu stabilitas dan keamanan saat surfing di internet.

Kemudian saya coba lagi untuk mencari tahu cara tanpa menyelesaikan masalah ini tanpa mengubah properti dari Google Chrome. Ketemulah link ini. Si penulis menyebutkan cara yang sama seperti cara di atas. Namun yang menarik adalah yang memberikan komentar bernama “Damonbaker”. Dia bilang ada cara lain yang lebih aman, yaitu :

2. Mengubah permision file MSVBVM60.DLL

Yaitu dengan menambahkan user baru bernama everyone, dan memberikan hak akses penuh terhadap file tersebut. Untuk langkah-langkahnya Anda dapat mengikuti berdasarkan komentar Damonbaker.

Namun cara ini tidak berhasil saya lakukan. Mungkin errornya berbeda. Sehingga saya terpaksa kembali menggunakan opsi pertama untuk menjalankan Chrome.

Di samping itu, saya memiliki satu tablet PC TC4200 yang lain. Spesifikasi hardware dan softwarenya sama. Anehnya ketika saya lakukan instalasi yang hampir sama persis dengan TC4200 yang sebelumnya, Google Chrome berhasil terinstall sempurna. Benar-benar tidak membutuhkan setting-an apapun. Ini benar-benar aneh!! Saya sempat tidak percaya. Kemudian saya kembali lagi ke Tablet PC yang Chromenya masih error. Dan berusaha maksimal menemukan cara agar Chrome bisa dirunning tanpa mengubah properti keamanan dan stabilitasnya.

Hal ini saya lakukan, karena cukup aneh, kok hardwarenya sama, softwarenya sama. Tapi kenapa yang satu lancar, dan yang lainnya menemukan error. Right?

Saya sudah mencoba berkali-kali menginstall ulang Google Chromenya dengan cara yang berbeda-beda, namun tidak berhasil. Hingga pada akhirnya saya menginstall aplikasi yang membuat Windows terpaksa harus diintall ulang.

Sambil saya menginstall ulang Windows XP, saya buka tablet PC yang Chromenya bisa dijalankan dengan sempurna. Kemudian di System Tray muncul notifikasi waktu aktifasi Windows saya tersisa 60 hari. Eureka…!!! Kegembiraan yang mungkin persis dirasakan sama oleh Archimedes saat menemukan cara menghitung volume benda yang tidak beraturan.

Loh kok Windows belum diaktifasi malah senang? Hehehe… Ternyata ini dia jawabannya :

“Install Google Chrome sebelum Anda mengaktifasi Windows XP”

Cara ini terbukti berhasil pada kedua tablet PC saya. Jika Chrome sudah terinstall, maka Anda dapat mengaktifasi Windows XP. Dan tadaaaa… Chrome berjalan sempurna tanpa harus mengubah properties dan memberikan opsi yang membuat Anda khawatir dengan keamanaan dan kestabilan saat surfing di internet.

Saya bukan seorang Software Expert terlebih dunia Windows (Microsoft). Tapi mungkin hal ini bisa dijadikan informasi berharga bagi developer terutama Google Chrome untuk memperbaiki bugs yang mungkin berhubungan dengan registry aktifasi Windows XP.

Jika Anda mengalami hal yang sama, dan ingin mencoba dengan sedikit mengeluarkan effort untuk mengatasi hal tersebut. Maka cara di atas mungkin bisa dijadikan alternatif lain. Informasikan apakah cara tersebut berhasil pula untuk Anda ataukah tidak.

http://insansainsprojects.wordpress.com/2012/03/30/solved-chrome-error-on-xp-the-application-failed-to-initialize-properly-0xc0000005/

Diposting Oleh : RIFANYTOP - Admin

Judul : Chrome Error on XP : The application failed to initialize properly (0xc0000005)
Berisi tentang :
Dengan url http://rifanytop.blogspot.com/2012/12/chrome-error-on-xp-application-failed.html
By : RIFANYTOP - Silahkan Di Bagikan Jika sekiranya Bermanfaat, dilarang mengcopy Postingan Ini Tanpa Mencantumkan Link Sumber.


EmoticonEmoticon