Selasa, 08 Januari 2013

KALENDER LENGKAP 1901-2199 M

Baca Juga

KALENDER LENGKAP 1901-2199 M
Dalam meneliti kronologi sejarah kita kadang kala dibuat pusing, karena data ada kadang kala hanya berupa momen kejadian alam seperti gerhana, baik matahari maupun gerhana bulan. Dan ada kalanya data yang ada berupa penanggalan, seperti penanggalan Jawa atau Arab (Hijriyah Qomariyah) saja, dengan tanpa dilengkapi penanggalan lainnya. Kadang hanya kondisi musim kala itu atau dalam kalender jawa disebut Pranoto Mongso.
Untuk membantu kesulitan para peneliti sejarah, berikut saya buat program kalender yang bisa dipakai untuk mencari tanggal, baik Hijriyah Qomariyah, Hijriyah Syamsiah, maupun Jawa. Untuk release yang pertama ini hanya bisa dipakai mulai tahun 1901 sampai 2199. Insya Alloh untuk berikutnya akan diperbaharui sehingga bisa dipakai mencari penanggalan mulai tahun 1 masehi.
Release pertama ini mungkin masih banyak kekurangan karena tidak memuat gerhana, baik bulan maupun matahari serta hari-hari libur nasional, Insya Alloh release berikutnya akan dilengkapi. Kalender ini dibuat dengan menggunakan Excel, sehingga akan memudahkan saya sendiri (dalam membuat formulanya) maupun para pengguna, karena saat ini hampir disetiap komputer menggunakan Excel.
Berikut tampilannya.

1. Untuk menggunakan program ini silahkan klik nama daerah dibawah tulisan Nama Kota lalu pilih kota yang ada di daftar.
2. Untuk menentukan tahun klik angka tahun yang berada dibawah tulisan Tahun, lalu pilih tahun yang ada di daftar.
Walapun masih banyak kekurangan, mudah mudahan program ini bisa membantu teman-teman yang membutuhkan informasi penanggalan tempo dulu maupun yang akan datang.
DOWNLOAD
Apabila fontnya ada yang tidak tampil silahkan ambil fontny disini FONT lalu instal fontnya

http://moeidzahid.site90.net/kalender/kalenderr1.htm

Diposting Oleh : RIFANYTOP - Admin

Judul : KALENDER LENGKAP 1901-2199 M
Berisi tentang :
Dengan url https://rifanytop.blogspot.com/2013/01/kalender-lengkap-1901-2199-m.html
By : RIFANYTOP - Silahkan Di Bagikan Jika sekiranya Bermanfaat, dilarang mengcopy Postingan Ini Tanpa Mencantumkan Link Sumber.


EmoticonEmoticon