Minggu, 17 September 2017

Inilah Pengertian dan Penjelasan Arti Sakinah Mawaddah Warahmah

Baca Juga

Semoga pernikahannya menjadi pernikahan yang abadi dan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah….biasanya doa itu yang kita panjatkan untuk mempelai dalam sebuah pernikahan.

Pengertian dan Penjelasan Arti Sakinah Mawaddah Warahmah
Pengertian dan Penjelasan Arti Sakinah Mawaddah Warahmah


Nah arti sebenarnya dari sakinah, mawadah wa rahmah itu apa sih sebenarnya??
Pengertian umum dari kalimat sakinah, mawadah wa rahmah yakni damai, tenang dan tentram dalam rajut cinta dan kasih sayang nan sejuk dan abadi.

Kata-kata ini setidaknya mungkin cukup populer dalam pernikahan “Sakinah Mawaddah Warahmah“, kira2 anda pernah mendengar kata-kata ini dimana yach ? Mungkin anda sering mendengar ucapan ini dari seorang MC yang membawakan sambutan di acara pernikahan, atau mungkin dari guru agama anda, atau dari teman anda mungkin?

Tapi yang jelas, akhir-akhir ini ucapan sakinah mawaddah warahmah begitu populer di televisi, banyak ustadz-ustad muda yang mengucapkan ucapan ini, tak pelak banyak artis-artis yang ikut-ikutan pula mengucapkan kata-kata ini pada rekan-rekan artisnya ketika sedang menempuh hidup baru, atau bahkan dalam skenario sinetron.

Akan tetapi, ketika anda mengucapkan kata-kata “Sakinah Mawadah Warohmah”, apakah anda mengetahui arti dari makna ucapan tersebut? Mungkin ada yang tahu dan ada yang tidak, lebih banyakan yang mana ya, yang tahu artinya atau yang tidak tahu artinya?

Mari Kita Bahas Saja Dech Arti dari “Sakinah Mawadah Warohmah” dan Asal-Usul kata tersebut:
Tiga kata utama (SAKINAH MAWADDAH WAROHMAH) tersebut sejatinya merupakan istilah khas Arab-Islam yang dirujuk dari QS. Ar-Rum ayat 21.
وَمِنْ آَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri (manusia), supaya kamu cenderung dan merasa tenteram (sakinah)kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa cinta dan kasih sayang(mawaddah wa warahmah). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar Rum [30]:21)

SAKINAH



Pengertian Sakinah : Sakinah menurut bahasa berarti kedamaian, ketenteraman, ketenangan, dan kebahagiaan. Dalam sebuah pernikahan, Pengertian sakinah berarti membina atau membangun sebuah rumah tangga yg penuh dengan kedamaian, ketentraman, ketenangan dan selalu berbahagia.

Sakinah berasal dari kata litaskunu (diambil dari kata litaskunu ilaiha dalam Al-Qur’an surat Ar-Ruum, 30:21) sakana – Sakinah yang berarti Tenang, “Allah SWT telah menciptakan perjodohan bagi manusia agar yang satu merasa tenteram terhadap yang lain” Jadi Sakinah dapat diartikan secara sederhana dengan aman, tentram, tenang dan saling melindungi. Isteri dapat menjadi tempat berteduh bagi suami dan begitu juga sebaliknya.

Makna Litaskunu menurut Ibnu kastir :

  • Lita’ Tafu : Saling mengikat hati (QS. Al-Anfal : 63) Faktor ikatan hati adalah iman, bukan harta, kedudukan, apalagi wajah seseorang.

  • Tamilu ‘Ilaiha : Kamu condong kepadanya. Condong pikiran, perasaan, tangggung jawab. Di sini akan diketahui bahwa kewajiban seorang isteri adalah taat kepada suami. Jadi, masak, mencuci, dan lain sebagainya itu bukanlah sebuah kewajiban, melainkan perbuatan dalam rangka ketaatan pada suami.

  • Tadma’inubiha : Kamu merasa tenang dengannya. Secara sederhana Sakinah adalah Tenang, Tentram .


MAWADDAH

Pengertian Mawaddah : Mawaddah menurut bahasa berarti Cinta atau harapan. Dalam sebuah Pernikahan, Cinta adalah hal penting yang harus ada dan selalu ada pada sebuah pasangan suami Istri. Dan Mawaddah berarti Selalu mencintai baik dikala senang maupun sedih.
Mengenai pengertian mawaddah menurut Imam Ibnu Katsir adalah al mahabbah (rasa cinta), Dalam tafsir al Alusi penulis mengutip pendapat Hasan, Mujahid dan Ikrimah yang menyatakan mawaddah adalah makna kinayah dari nikah yaitu jima’ sebagai konsekuensi dari pernikahan.

Menurut Hasan Al-Basri, mawaddah adalah metamorfosa dari hubungan suami istri. Jika rumah tangga adalah mesin, maka mawaddah adalah dinamonya.
Di antara ciri Mawaddah adalah :
a. Saling memberi hadiah.
b. Selalu mengingat kebaikannya.
c. Selalu berkomunikasi dan saling terbuka.

Mawaddah adalah sebuah kelapangan dada untuk saling menerima kekurangan masing-masing
هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ

Artinya: “Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka.” (QS Al-Baqarah [2]: 187)
Satu sama lain (Suami Istri) harus saling menutupi kekurangan pasangannya dan bersinergi untuk mempersembahkan yang terbaik.

WA-ROHMAH

Pengertian Warrohmah : Warrohmah memiliki kata dasar rohmah yang artinya kasih sayang. dan kata wa disini hanya sebagai kata sambung yang maknanya dan.
Wa-Rahmah Ini adalah hasil akhir dari sakinah dan mawaddah yaitu kasih sayang, Ada juga yang mengatakan bahwa ar-rahmah bagi orang yang sudah tua, sedangkan mawaddah berlaku bagi orang yang masih muda.
Implementasi dari mawaddah wa rahmah ini adalah sikap saling menjaga, melindungi, saling membantu, memahami hak dan kewajiban masing-masing antara lain memberikan nafkah bagi laki-laki.


Apabila kita gabung arti dari “sakinah mawaddah warrohmah” berarti Keluarga yang selalu diberikan kedamaian, ketentraman , selalu penuh dengan cinta dan kasih sayang. Jadi pengertian umum dari kalimat sakinah, mawadah wa rahmah adalah damai, tenang dan tentram dalam cinta dan kasih sayang.
Tapi sebenarnya doa untuk pengantin, menurut sunnah adalah :
“BAARAKALLAAHU LAKA WA BAARAKA ‘ALAIKA WA JAMA’A BAINAKUMAA FI KHAYR”
“Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan.”
HR. Penyusun-penyusun kitab Sunan, kecuali An-Nasai dan lihat Shahih At-Tirmidzi: 1/316.
Akhir kata : Semoga Anda Semua Mendapatkan Keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah

Diposting Oleh : RIFANYTOP - Admin

Judul : Inilah Pengertian dan Penjelasan Arti Sakinah Mawaddah Warahmah
Berisi tentang :Inilah Pengertian dan Penjelasan Arti Sakinah Mawaddah Warahmah Lengkap Beserta Dalilnya.
Dengan url https://rifanytop.blogspot.com/2017/09/pengertian-dan-penjelasan-arti-sakinahMawaddahWarahmah.html
By : RIFANYTOP - Silahkan Di Bagikan Jika sekiranya Bermanfaat, dilarang mengcopy Postingan Ini Tanpa Mencantumkan Link Sumber.


EmoticonEmoticon